The Jungle Water Park

Sarana wisata air tersebut bernama The Jungle Water Park. Taman air ini berlokasi di Bogor Nirwana Residence di daerah Dreded, Bogor Selatan. Bogor Nirwana Residence ini sendiri merupakan sebuah kompleks perumahan mewah di kaki Gunung Salak. Real estate raksasa yang luasnya mencapai sekitar 1.000 hektar itu, berjarak sekitar satu kilometer dari Jalan Pahlawan, jalan raya yang dulu bernama Jalan Bondongan.

Taman wisata air itu dinamai The Jungle karena memang menampilkan suasana alam dan hutan belantara. Begitu masuk lewat gerbang utamanya, pengunjung langsung disuguhi pemandangan aneka burung, termasuk kakatua merah, yang terbang atau bertengger di dalam sangkar besar yang dibangun di antara jalan setapak dan aneka pohon besar-kecil.

Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Bogor Nirwana Residence, Hendry Harmen, sarana pariwisata dengan konsep edutainment ini, dimaksudkan agar pengunjung, khususnya anak-anak bisa sekaligus belajar dan memperoleh informasi yang berguna tentang alam dan lingkungan.

Disini juga terdapat akuarium besar berisi macam-macam ikan air tawar dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya adalah ikan aligator dari Amerika Selatan. Sesuai dengan namanya, ikan ini bersisik belang kecoklatan serta bermoncong panjang dan bergeligi, mirip buaya. Akuarium yang luas permukaannya 200 meter persegi itu terletak memanjang di salah satu sisi Lazy River, kolam renang berbentuk sungai yang berlika- liku. Keunikan dan keindahan bermacam ikan dalam akuarium ini bisa dinikmati sambil bersantai-santai, menghanyutkan diri di atas ban pelampung, di kolam arus ini.

Wahana lainnya yaitu leisure pool, untuk berenang dan water massage sambil bersantai dan bird park bagi mereka ingin menikmati beragam burung eksotik sepreti burung elang, merak dan macau. Dan untuk menambah suasana santai, para pengunjung juga bisa belajar mengenai jenis burung, ikan, nama-nama daerah yang dijadikan nama lokasi di setiap wahana.

Sedangkan untuk anak-anak, terdapat dua buah kiddy pool dengan beragam wahana seperti mini slider, water bucket, water canon dan jungkat-jungkit serta dry park yang merupakan wahana permainan anak-anak seperti mandi bola, ayunan dan aneka permainan lainnya yang merangsang syaraf motorik balita.

Masih ada sejumlah wahana lain yang bisa dinikmati di The Jungle, termasuk Racer Slide dan Spiral Slide setinggi 12 meter. Racer Slide adalah empat papan luncur dari gelas fiber yang diposisikan berjajar untuk dipakai balapan meluncur dan mencebur ke kolam dari ketinggian.

Wahana yang mungkin jadi ciri khas The Jungle adalah Tube Slide, wahana luncur berbentuk pipa berdiameter sekitar satu meter. Meski sama-sama berpangkal di puncak menara luncur, Tube Slide ini menawarkan sensasi berbeda dan efek yang lebih seram karena penggunanya dibawa berbelok-belok dalam kegelapan sebelum tercebur di kolam.

Satu lagi wahana yang mungkin tak ada di taman wisata air lain adalah Fountain Futsal. Wahana ini sebenarnya cuma berupa lapangan futsal terbuka biasa. Hanya saja, lapangan semen ini dilengkapi sejumlah lubang yang menyemburkan air ke udara. Yang menjadikan wahana menarik adalah gawangnya tidak terbuat dari besi namun berupa semburan air.

Selain wahana-wahana di atas, taman air ini semakin menarik dengan fasilitas ruang sinema empat dimensi, yang menyuguhkan film-film animasi 4D antara lain Fly Me to The moon dan Jetpack Adventure. Di wahana ini para penonton tidak hanya dimanjakan degan menonton film 4 dimensi tetapi juga turut merasakan guncakan di kursi, merasakan semburan air, desingan benda yang lewat diantara kaki kita hingga mencium bau angus. Dan hingga saat ini hanya ada dua teater 4 dimensi di Indonesia.

Dengan fasilitas serba modern tersebut, The Jungle Water Park diklaim sebagai taman air yang termodern dan terlengkap di Indonesia. Semua fasilitas yang ada di The Jungle Water Park ini telah disiapkan selama enam bulan, dibantu oleh tim ahli dari Australia, Kanada, dan Belgia. Fasilitas ini menggunakan teknologi dan peralatan terbaru dengan standar kualitas terbaik untuk memastikan para pengunjung betah berlama di sini.

Untuk mencapai daerah ini anda dapat menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan bebas hambatan Jagorawi. Sedangkan jika dari luar kota mana saja, bisa menggunakan bis dan turun di terminal Baranang Siang Bogor. Selanjutnya bisa menggunakan angkutan kota atau berjalan kaki ke arah Jalan Pahlawan.

The Jungle Water Park sendiri beroperasi setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga 18.00. Untuk dapat menikmati seluruh wahana di taman air ini, pengunjung diharuskan membayar Rp30.000 per kepala. Sedangkan untuk rombongan yang berjumlah di atas 20 orang, dikenakan biaya Rp25.000 per kepala.

-Diambil dari beberapa sumber –

(paketrupiah.com, daffasmom.wordpress.com, http://dini.isnandi.net)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: